A long journey to find (true) love..

October 1989

Papi ditugaskan untuk pindah ke Pematang Siantar, Sumatera Utara. Saat itu saya berusia 8 tahun. Setelah menyelesaikan ujian caturwulan pertama, saya dan keluarga pergi meninggalkan Bandung. Punya lingkungan baru terutama di sekolah adalah tantangan terberat masa kecil saya. Kemudian saya disekolahkan di SD Sultan Agung Pematang Siantar. Hari pertama sekolah saja, saya sudah dapat hukuman di mata pelajaran matematika, karena saya tidak mengerjakan PR (ya gimana mau ngerjain PR, hari itu adalah hari pertama saya masuk sekolah dan mana saya tau ada PR??). Setelah hukuman pertama yang saya dapat di hari pertama saya sekolah, saya mulai membenci setiap kehadiran saya di sekolah. Saat itu saya selalu pulang dengan menangis kalau dapat hukuman dari guru atau dapat candaan yang keterlaluan dari teman-teman dikelas. Saya membenci kepindahan saya ke sana, saya males untuk sekolah bahkan belajar. Setiap saat saya selalu berpikir, kenapa sih SD Sultan Agung itu harus ada?

Tapi jika SD itu tidak ada.. tidak akan pernah ada seorang anak laki-laki yang sangat menyukai kehadirannya di sekolah, yang selalu belajar dan berusaha untuk mendapatkan prestasi akademiknya di sekolah itu, yang mungkin pernah duduk dibangku sekolah yang saya duduki saat itu..

In the middle of 1999

“Jangan nyari kuliah di Jakarta ya. Rawan dan masih banyak kerusuhan. Nyari kuliahnya di Bandung aja atau Yogya.”

“What, Yogya?? No.. no.. big no, dad”, begitu teriak saya DALAM HATI. Setelah 5 universitas di Bandung saya ikuti ujian masuknya termasuk UMPTN dan kesemuanya gagal (ada sih yang lulus tapi jurusannya teknik kimia.. sebuah pilihan iseng yang tidak terencana ketika mendaftar), akhirnya ayah saya mendaftarkan saya kuliah di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta jurusan Hubungan Internasional. Lagi-lagi akibat lingkungan baru yang saat itu norak banget yang bikin saya ga betah. Ya gimana engga norak, suatu malam ketika saya sedang tidur dikosan, tiba-tiba pintu kamar saya digedor-gedor oleh sekelompok cewe-cewe yang satu kosan juga dengan saya. Mereka merasa saya sombong atau apalah.. Hello.. kenalan aja beluuuum. Sebelumnya setiap saya senyum sama mereka, mereka yang duluan jutek. Ya udin saya juga jadi males sama mereka. Pas tragedi gedor-menggedor terjadi, saya diemin aja, lagian saya juga ga ngerasa punya salah. Sampe datang masanya, dimana mereka datang memperkenalkan diri, kadang minjem mobil saya untuk beberapa keperluan, minjem komputer buat bikin tugas, ikutan ngobrol sambil ngemil dikamar saya.. fyuuuh..

Kesedihan mendalam saya kala itu adalah jauh dari keluarga, saya ga bisa ketemu temen yang baik tapi tulus, jauh dari pacar, belum lagi Yogya saat itu sangat-sangat sepiiiiiiiiiiiii.. alhasil selama 1 tahun saya di Yogya, hampir setiap minggu saya pulang ke Bandung. Yang ngebuat saya ga pulang ke Bandung, kalo ada latihan basket (waktu itu saya ikutan basket HI UPN) dan kalo keluarga atau pacar saya datang :-). Waktu itu saya nyeseeeeeeel banget kuliah di Yogya, serasa dibuang..

Saat itu saya tidak pernah menyadari kalau ada seseorang yang tidak jauh dari saya, sedang sama-sama berjuang kuliah di kota ini, kuliah dijurusan yang sama walaupun di universitas yang berbeda..

“Jo, tar anak basket kita yang cowo tanding sama anak basket UGM. Mau ikutan nonton ga?”  “Liat nanti deh..” dan ya.. saya memilih untuk pulang ke Bandung. Andai saya menonton pertandingan basket itu.. andai seseorang itu..

Early 2007

“Jodoh itu ditangan Tuhan.. Mau dicari ke bawah meja yang paling deket atau ke ujung Eropa yang paling jauh sekalipun, kalau belum jodoh ya mau gimana lagi? It’s time to move on sis, masih banyak cowo lain yang lebih baik dan pastinya lebih ngehargain.. you deserve get better!”

Huuuh.. iya saya tau dan ngerti banget. Setelah 7 tahun ngejalanin hubungan yang on and off, plus status bertunangan yang ternyata ga ada ujungnya, saya istirahat dari ikatan antara laki-laki dan perempuan yang disebut pacaran. Jangankan pacaran, ngedeketin cowo atau sekedar kenalan aja malesnya minta ampun, masih sakit hati ceritanya. Ternyata pikiran saya waktu itu masih pendek dan ga bisa ke depan. Kuliah saya yang belum kelar saat itu, sempet saya cutikan karena ada panggilan kerja disalah satu stasiun TV swasta nasional di Jakarta. Harapan saya waktu itu bisa mendapat pengalaman lebih dan yang pasti punya lingkungan baru (kali ini saya berharap lebih pada lingkungan baru) yang bisa ngebuat saya lupa akan rasa sakit hati saya kala itu. Mencoba peruntungan barulah. Ternyata langkah saya menyisakan kepedihan yang lebih lagi. Nyesel banget kenapa harus cuti kuliah, nyesel banget kenapa harus kerja disitu secara kerja rodi dan gaji *****, nyesel kenapa harus di Jakarta.. mantan saya ikutan tinggal di Jakarta tapi bukan buat saya hohoho..

Kerja menjadi Wardrobe A.K.A fashion stylist disitu serasa jadi kayak pembantu. Berkali-kali saya teriak dalam hati, “this is not what I want!!”. Yang paling ngebuat saya senang kalo kebagian dapet tugas jadi wardrobe news. Di lantai divisi news selalu ngebuat saya nyaman karena dingiiiiiiiiiiin banget ACnya, ga berisik (kecuali kalo lagi mau berita dan ada breaking news), orang-orangnya juga baik dan ramah (ada sih beberapa yang nyebelin tapi kalah eye catching sama yang baik-baik hehehe).

Di lantai ini, mungkin lebar langkah saya pernah sama dengan seseorang, mungkin saya pernah bersandar di dinding yang sama dengan seseorang, mungkin saya pernah duduk di kursi yang sama dengan seseorang sebelumnya, mungkin saya pernah ketiduran di tempat yang sama dengan seseorang, mungkin saya pernah..

Last minute of 2008

Suatu malam di PVJ Bandung..

“Aduuuh put, gw bingung niiiy.. ada yang ngajak ketemuan niiyyy..”

“Hah siapa.. siapa?? Emang lo sama si korea udah engga?”

“Ya elah.. ini cuma ngajak ketemuan doang!! Tuh kan dia sms lagi bilang mau kesini.”

“Ya udah suruh aja kesini susah amat siiy.. gw juga pingin ngeliat, mana tau dia cocok ma lo. Lagian lo ma Tom ga jelas juga kan hehehe..”

“Apaan sih, orang gw ma dia baru kenal. Tapi ya put, tampang dia player banget hahaha. Takut gw..”

20 menit kemudian.. (teman saya, Puti, selalu memulai pembicaraan dibanding saya, karena dia excited banget akhirnya ada cowo dewasa bukan tua tapi dalam artian sudah bekerja dan terlihat meyakinkan yang ngajak saya jalan, dan disaat yang tepat mantan saya yang “7 tahun” itu lagi ada disitu juga)

“Ky, emang lo dulu kuliah dimana?” Tanya Puti.

“Dulu gw kuliah di Yogya di UGM” Hah.. buru-buru saya bilang kalo saya juga dulu kuliah di Yogya.

“Emang kuliah dimana?” tanya dia.

“UPN. emang dulu Ricky kuliah jurusannya apa?”.

“Ooo.. UPN. Aku ngambil HI”.

HUBUNGAN INTERNASIONAL?? Ow ok.. dia juga bercerita kalo dulu pernah bertanding basket dengan anak HI UPN.. hmmmm..

“Emang dulu sebelum kerja di XL, lo kerja dimana?” Puti kembali penasaran.

“Di Yogya pernah kerja di radio, terus pindah ke Jakarta kerja di TransTV trus kerja di…”

“What?” Dalam hati saya. “Jo, bukannya lo dulu juga pernah kerja di Trans?” tanya Puti pada saya.

“Emang pernah di Trans juga, batch berapa?” Tanya dia. Saya mengangguk sambil bilang, “Batch 7. Emang dulu jadi apaan?” “Reporter”, jawabnya.

Berarti di lantai divisi News..

Suatu malam disebuah café di Bandung

Sambil menunggu datangnya makanan, saya dan dia ngobrol-ngobrol. Ga tau kenapa saya penasaran buat nanya masa sekolahnya.

“Emang dari dulu sekolah di Lampung?” Tanya saya. “Enggak cuma SMP sama SMA aja. Dulu aku SD kelas 1 ampe kelas 3 sekolah di Pematang Siantar” jawabnya.

“Pematang Siantar??!!” tanya saya ga percaya. “Iya itu di Sumatera Utara. Kamu tau?”.

Ga usah dijelasin Sumatera Utara juga, jelas-jelas saya tau pematang Siantar itu ada dimana. “Jangan-jangan..” tanya saya dalam hati. Buru-buru saya tanya balik, “dulu SDnya dimana?”

“SD Sultan Agung” jawabnya.

SD yang dulu saya benci itu??

Hidup itu penuh dengan misteri ya?? Dulu saya ga pernah sadar bahkan tau kalo saya dan dia pernah ada di 3 tempat yang sama. Tidak pernah ada kesempatan untuk kenal bahkan bertemu. Saya selalu mengikuti kemana dia pergi dan menetap tapi ga pernah ketemu.. sampai akhirnya saya bertemu dengan dia di Bandung dan saling mengenal..

Ternyata butuh 20 tahun untuk bisa ketemu dengan dirimu.. anak laki-laki dan seseorang itu ternyata.. 🙂

love map

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.